Jumat, 09 April 2010

Mengapa kadar gula darah bisa tinggi

      Kadar gula darah adalah kadar gula yang diukur dari dalam cairan darah kita (biasa disebut plasma bila diambil dari darah yang tidak beku atau serum bila berasal dari darah yang dibiarkan beku). Banyak cara dan alat untuk mengukur kadar gula darah. Mengapa kadar gula dalam darah bisa tinggi? Khususnya pada penderita Diabetes Mellitus.
      Gula dibutuhkan tubuh kita untuk menggerakkan mesin-mesin tubuh yang berada dalam sel. Kita bisa bergerak karena tulang kita digerakkan oleh otot, otot kita bergerak karena sel otot bekerja, sel otot bekerja karena mesin-mesin di dalamnya bergerak dengan menggunakan gula sebagai bahan bakarnya.
      Gula dalam tubuh kita berasal dari makanan. Gula yang diserap dari makanan yang kita makan, akan diedarkan ke seluruh tubuh melalui cairan dalam darah. Dari darah, gula ini akan dipindahkan ke dalam sel-sel di seluruh tubuh. Gula tidak dapat masuk ke dalam sel secara bebas, tetapi memerlukan ‘pintu’ pada dinding sel. ‘Pintu’ ini memerlukan kunci untuk bisa bekerja. Kunci untuk pintu ini adalah sebuah hormon yang disebut insulin. Pada orang normal, insulin mengatur kadar gula darah sampai batas yang normal, memasukkan kelebihan gula dalam darah ke dalam sel, untuk digunakan, maupun untuk disimpan sebagai cadangan.
      Ada beberapa macam penderita DM, ada yang sama sekali tidak mempunyai ‘kunci’, ada pula yang ‘kunci’-nya sedikit (sementara pintu yang harus dibuka cukup banyak) atau ‘pintu’-nya macet. Gula dalam darah, yang seharusnya dimasukkan ke dalam sel, tidak dapat masuk karena pintunya tidak bisa terbuka. Akibatnya, gula hanya beredar di dalam cairan darah dan terukur tinggi pada pemeriksaan gula darah.
      Berapakah kadar gula darah anda?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar