Rabu, 28 Juli 2010

Apa sebetulnya imunisasi (1)

Imunisasi berasal dari kata dasar imun, yang berarti kebal. Jadi, imunisasi adalah usaha untuk menjadi kebal. Tentunya tidak berhubungan dengan kekebalan terhadap benda tajam yang secara tradisional dikenal di beberapa daerah di Indonesia. Kekebalan dalam imunisasi secara khusus berhubungan dengan kekebalan terhadap penyakit.

Imunisasi secara umum adalah mengenalkan badan kita terhadap penyebab-penyebab penyakit tertentu agar badan kita mampu melawan penyebab penyakit tersebut saat mereka betul-betul menyerang. Untuk memahami ini kita perlu mengenal bagaimana tubuh kita mempertahankan diri.

Bagaimana tubuh kita mempertahankan diri?



Setiap saat, setiap waktu berbagai penyebab penyakit mencoba memasuki badan kita agar mereka dapat hidup dan berkembang biak, misalnya bakteri, virus, parasit, jamur. Tetapi tentunya badan kita tidak tinggal diam, setiap milimeter, bahkan lebih kecil lagi, badan kita mempunyai sistem pertahanan tubuh.


Beberapa sistem pertahanan tubuh yang luas dikenal adalah:


1. Pertahanan tubuh yang paling kasat mata, kulit tubuh kita, melindungi bagian dalam tubuh kita dari serangan benda/mahluk hidup lain.


2. Rambut pada kelopak mata, hidung yang mencegah benda asing masuk ke dalam tubuh.


3. Selaput lendir pada saluran nafas, saluran cerna dan saluran kemih dan kelamin, mempunyai sistem pertahanannya sendiri.


4. Sel darah putih dan protein lain dalam darah yang berfungsi sebagai pertahanan paling dalam dari tubuh kita, yang akan menyerang benda/mahluk asing yang sudah terlanjur masuk.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar